Tidak Boleh Menggambar Pohon Jati Saat Psikotes, Kenapa?

Salah satu jenis psikotes yang banyak digunakan oleh perusahaan adalah psikotes menggambar pohon, biasanya pasangannya dengan menggambar orang.

Baik menggambar manusia dan pohon rupanya cukup membuat para pencari kerja ketar-ketir, tidak bisa menggambar lah, gambar jelek lah.

Namun kalian harus tau untuk bisa lulus psikotes menggambar pohon tidak perlu bagus. Yang dinilai bukan bagus atau tidaknya hasil gambar kalian.

Kenapa Tidak Boleh Menggambar Pohon Jati Di Psikotes Gambar Orang


Ini alasan kenapa tidak boleh menggambar pohon jati saat psikotes gambar pohon.

Pada dasarnya semua psikotes yang dilakukan pada saat seleksi kerja sangatlah mudah, karena sifatnya basic sekali. Namun ketakutan dan keraguan kalian lah yang membuatnya terasa sulit.

Untuk itu kalian memang perlu menambah wawasan tentang psikotes agar ketika menghadapi psikotes nanti tidak ada keraguan apalagi rasa takut.

Tujuan Psikotes Gambar Pohon

Seperti psikotes lainnya, psikotes menggambar pohon juga memiliki tujuan yang sederhana. Secara garis besar psikotes ini memiliki 2 tujuan yaitu...

Kepribadian, ini bukan tentang kalian Introvert, Ambivert atau Ekstrovert tapi lebih ke seberapa patuh kalian nantinya jika sudah bekerja. Apakah kalian tipe yang taat aturan atau malah pembangkang.

Kreativitas, walaupun bekerja dipabrik dengan SOP yang jelas tapi kreativitas masih sangat dibutuhkan misalnya untuk memecahkan suatu masalah.

Kedua hal diatas nantinya bisa diketahui oleh HRD melalui hasil pengerjaan kalian, jadi jangan sembarangan.

Lalu kenapa tidak boleh menggambar pohon Jati?

Jika kalian memiliki pertanyaan semacam ini berarti kalian belum paham aturan dasar atau instruksi pengerjaan psikotes menggambar pohon.

Pohon Jati ini tidak memenuhi kriteria sebagai pohon yang boleh digambar. Kenapa? Karena pohon ini tidak memiliki buah.

Jika kalian belum tau, salah satu kriteria jenis pohon yang bagus untuk digambar adalah pohon yang berbuah seperti Nangka, Apel, Mangga, Durian dan yang lainnya.

Sedikit bocoran, ketika megerjakan psikotes gambar pohon saya selalu menggambar pohon Durian dan saya gambar banyak sekali buah. Dan saya selalu lolos dari psikotes ini.

Buah ini bisa diartikan sebagai produktifitas, jadi jika kalian menggambar pohon dengan sedikit atau bahkan sama sekali tidak ada buah kalian bisa dinilai sebagai orang yang tidak produktif.

Jadi walaupun pohon Jati berkambium, berdaun rindang dan kuat, tapi karena tidak memiliki buah maka saya sangat menyarankan anda jangan menggambar pohon ini.

Oke, sudah paham sampai sekarang? Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tidak Boleh Menggambar Pohon Jati Saat Psikotes, Kenapa?"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2