Begini Lho Penilaian Psikotes Menggambar Pohon

Penilaian dan arti psikotes menggambar pohon lengkap

Sebagai pencari kerja saya yakin kalian bertanya-tanya "Sebenarnya seperti apa sih penilaian psikotes gambar pohon?" saya pun demikian.

Dan memang sebagai pencari kerja yang cerdas kalian wajib mencari tahu tentang ini, biar apa? Jadi nanti kalian tidak heran ketika mungkin menggambar pohon bagus tapi gagal, sedangkan teman menggambar jelek malah lulus.

Juga, dengan mengetahui apa saja dan seperti apa proses penilaian kalian bisa mencari celah, membuat formula sempurna agar kalian selalu lulus.

Cara HRD Menilai Psikotes Gambar Pohon

Artikel ini nanti bisa kalian gunakan sebagai referensi ketika akan menjalani psikotes gambar pohon, jadi kalian bisa mengerjakan sebaik mungkin.

Ingat! gambar yang bagus tidak menjamin kalian bisa lulus dan gambar yang jelek tidak menjamin kalian akan gagal.

Jadi tidak usah takut jika kalian tidak memiliki bakat menggambar, karena jika mencari yang bisa menggambar maka pasti memilih pelukis.

Posisi gambar

Karena psikotes menggambar pohon yang pertama dinilai adalah posisi atau letak gambar pohon yang kalian gambar.

Gambar pohon ditengah, jika kalian membuat gambar pohon ditengah maka diartikan anda sebagai seorang yang fleksibel dan rendah hati.

Kalian juga dinilai seseorang yang dewasa karena dalam memecahkan sebuah permasalahan akan memakai jalur tengah.

Bagian bawah, gambar pohon pada bagian bawah kalian akan diartikan sebagai seorang yang observatif, selektif ketika akan berbuat sesuatu jadi merencanakan matang-matang sebelum bertindak.

Bagian tengah dan pohon tinggi, singkatnya gambar yang anda gambar tinggi dan akarnya berada ditengah. Anda akan dinilai sebagai seorang yang bisa melihat segala sesuatu dari sisi positif. Menjadikan segala yang terjadi sebagai pembelajaran.

Lebar batang pohon

Lebar batang pohon juga menjadi penilaian dan merupakan hal penting dalam gambar yang kalian buat. Batang pohon juga melambangkan emosi kalian.

Batang pohon lebar, Kalian dinilai sebagai seseorang yang punya prinsip kuat, bisa tetap menjaga ketenangan walaupun dalam kondisi genting.

Batang pohon kecil, sebenarnya lebih tepat disebut ramping. Kalian akan dinilai sebagai seorang yang mudah beradaptasi dan juga mudah peduli dengan orang lain.

Banyak cabang, banyak cabang ini ibaratnya seperti pohon beringin. Kalian akan dianggap sebagai seorang yang sedang terombang-ambing karena beberapa pilihan hidup.

Tinggi pohon

Jadi selain lebar batang pohon, tinggi pohon yang kalian gambar juga memiliki arti tersendiri. 

Ukuran tinggi disini jika pohon kalian panjangnya setengah kertas, sedangkan pendek berarti pohon kalian panjangnya kurang dari setengah kertas.

Pohon tinggi, jika kalian menggambar pohon yang tinggi kalian akan dinilai sebagai seorang yang punya hasrat tinggi untuk mencapai cita-cita. Dan juga bisa bekerja dengan sangat teliti.

Pohon pendek, ini menandakan kalian sebagai seorang yang efektif dan efisien dalam menggunakan segala sesuatu dan juga bisa melakukan penghematan.

Letak pohon 

Kebanyakan dari kalian pasti menggambar pohon didasar tanah kan? 

Nah, jika kalian menggambar pohon dan letaknya ditanah kaliana akan dinilai sebagai seorang yang selalu menginginkan ketenangan, kegidupan yang stabil dan betah bekerja ditempat yang sama.

Ada atau tidaknya dahan

Jika kalian menggambar pohon dengan dahan maka kalian dinilai sebagai seorang yang lebih mengutamakan rasionalitas, logika dalam memandang segala sesuatu.

Sedangkan jika tidak ada dahan kalian akan dinilai sebagai seorang yang memandang sesuatu dari sisi perasaan, insting, bukan logika.

Kemiringan pohon

Jangan dikira kalian menggambar pohon dengan posisi apapun tidak akan dinilai, kemiringan atau condong pohon akan dinilai berbeda-beda.

Miring ke kiri, kalian akan dinilai sebagai seorang yang suka memendam segala sesuatu daripada mengutarakannya. Dan juga anda tidak menyukai sesuatu yang memiliki resiko konflik.

Miring ke kanan, kebalikan dari poin diatas kalian akan dinilai sebagai seseorang yang ekspresif dan frontal, berani mengutarakan pikiran meskipun berbeda dari mayoritas.

Pohon lurus, kalian berada diposisi tengah antara dua poin diatas. Terkadang suka memendam dan terkadang juga frontal tergantung situasi.

Akar

Ketika mengerjakan psikotes gambar pohon maka disarankan agar kalian menggambar pohon secara keseluruhan, detail sampai ke akar.

Ada akar, kalian akan dinilai sebagai seorang yang selalu menghargai masa lalu dan menjadikannya pelajaran penting. Misalnya wejangan, pesan atau pelajaran sewaktu sekolah.

Tidak ada akar, kebalikan dari poin diatas kalian akan diartikan sebagai pendobrak, seorang yang fokus pada masa depan dan menciptakan hal baru.

Banyaknya daun

Maksunya banyajnya daun bukan berdasarkan jumlah tapi apakah daun lebih mendominasi pada gambar kalian atau objek lainnya misalnya pohon.

Banyak daun, jika gambar pohon kalian didominasi daun kalian akan dinilai sebagai seorang pemikir dan penuh kehati-hatian saat menentukan solusi.

Sedikit daun, kalian akan dinilai sebagai seorang yang tidak suka berfikir panjang, memusingkan masalah tapi lebih suka langsung bergerak untuk menyelesaikan masalah.

Adanya objek lain

Jadi selain gambar pohon itu sendiri kalian apakah menggambar objek lain atau tidak, biasanya saya menggambarkan rumput atau semak-semak selain pohon.

Yang dinilai sebagai seorang yang memiliki tempat dimana dia bisa tenang dan damai karena disambut ramah dan baik oleh orang-orang disana.

Lalu jika kalian menggambar buah diartikan kalian sebagai seorang yang sangat menghargai hasil, merasa senang menikmati hasil dari pekerjaan kalian.

Nah itu diatas adalah arti atau penilaian dari psikotes gambar pohon. Dengan mengetahui ini semoga kalian bisa terus belajar dan bisa lulus.

Jangan lupa pastikan pengerjaan kalian bersih dan rapih agar mendapat nilai tambah.

Belum ada Komentar untuk "Begini Lho Penilaian Psikotes Menggambar Pohon"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2