Arti Dan Cara Mengerjakan Psikotes Menggambar Orang Dengan Mudah

Jadi pada artikel ini saya akan membahas salah satu jenis psikotes yang sering digunakan oleh perusahaan untuk menyeleksi karyawan baru yaitu tes menggambar orang.

Saya akan mencoba menjelaskan secara rinci dan lengkap bagaimana cara mengerjakannya dengan mudah dan penilaian terhadap gambar yang kalian kerjakan.

Karena saya yakin banyak diantara kalian yang kebingungan dan takut ketika akan menghadapi tes ini, kebanyakan berkata "Saya tidak bisa menggambar".

Pertama yang harus kalian tau, pada psikotes menggambar orang yang dinilai bukanlah bagus atau tidaknya gambar yang kalian buat.

Jika yang bisa lulus adalah gambar yang terbagus maka pelukis akan sangat mudah untuk bisa lulus. Faktanya saya yang tidak punya bakat menggambar pun bisa berulangkali lulus tes ini.

Cara Mengerjakan Dan Penilaian Psikotes Gambar Orang


Segala sesuatu akan terasa sulit jika kalian belum tau dasarnya, oleh karena itu baca artikel ini dengan teliti dan coba untuk benar-benar memahami.

Jika kalian pagam nanti kalian akan bisa dengan mudah mengerjakan, karena sudah tau celahnya. Kebanyakan yang merasa takut ya karena belum tau celahnya.

Untuk itu sebagai bekal kalian menghadapi tes yang akan datang maka saya menulis artikel ini.

Cara mengerjakan yang benar

Benar disini saya menuliskan secara umum ya, mungkin setiap HRD menganggap benar atau salah dengan standar yang berbeda.

Namun kebanyakan cara untuk mengerjakan psikotes gambar orang yang benar seperti ini...

Gambarlah orang dengan jenis kelamin sesuai diri kalian, jadi jika kalian adalah seorang laki-laki maka gambarlah seorang laki-laki begitu juga sebaliknya.

Gambar seseorang yang identik dengan profesi tertentu, setelah kalian menentukan jenis kelamin kalian tentukan terlebih dahulu kira-kira orang yang akan kalian gambar memiliki profesi sebagai apa.

Lalu kalian gambarlah orang tersebut sedang melakukan kegiatan sesuai profesinya, misalnya seorang petani maka kalian gambar saja seorang petani yang sedang mencangkul.

Gambarlah orang tersebut dengan ekspresi, usahakan jangan ekspresi datar apalagi sedih. Gambarlah orang dengan ekspresi senang atau bahagia.

Jangan menebalkan atau menghapus garis, usahakan kalian menggambar sekali jadi. Jadi jangan sampai melakukan penebalan garis apalagi menghapus.

Anda akan dinilai sebagai seorang yang kurang percaya diri jika melakukan kedua hal ini.

Kertas rapi dan bersih, ketika kalian selesai mengerjakan usahakan kertas kalian bersih dari coretan yang tidak perlu dan tidak terlipat.

Gambar detil dan proporsional, jadi gambar yang kalian buat harus detil. Jari tangan dan kaki, lunbang hidung dan lainnya wajib kalian gambar.

Harus proporsional juga, jadi jangan sampai ukuran tangan lebih besar dari kepala. Proporsional berarti takarannya pas.

Gambar center, center berarti tepat ditengah. Saat mulai menggambar usahakan kalian memulai dari bagian kepala jadi bisa mudah membuat gambar tepat ditengah halaman kertas.

Contoh pengerjaan psikotes menggambar orang yang benar seperti ini...

Ini adalah contoh pengerjaan psikotes kerja menggambar orang yang baik dan benar.

Jika kalian perhatikan gambar diatas maka sangat jelas memenuhi kriteria pengerjaan yang benar.

Profesi jelas, aktifitasnya jelas, ada ekspresi, detil dan beberapa aspek yang saya sebutkan diatas.

Penilaian psikotes gambar orang

Nah, ini hal paling penting yang wajib kalian tau. Dengan tau penilaian ini nanti kalian akan mudah menemukan celah agar bisa lulus.

Pasti kalian sering menebak-nebak sebenarnya gambar hasil pengerjaan kalian diartikan seperti apa sih oleh HRD.

Nah saya akan membahasnya secara simpel agar mudah kalian pahami...

Tujuan utama dari psikotes menggambar orang adalah untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan kerja dan ketahanan diri kalian.

Nah jika diterapkan pada gambar yang kalian buat maka yang akan dinilai meliputi detail gambar dan proporsionalitas gambar kalian.

Itu saja...

Gambar dengan penebalan dan ada bekas penghapus akan membuat anda dinilai sebagai seorang yang kurang percaya diri.

Gambar yang tidak detail misalnya jarinya tidak lengkap menandakan kalian kurang teliti dan malas saat bekerja.

Gambar yang tanpa ekspresi menandakan kalian sebagai seorang yang tidak bersemangat dalam beraktifitas khususnya bekerja.

Cukup dengan mengikuti beberapa cara yang saya sampaikan diatas kalian akan bisa dengan mudah lulus tes menggambar orang ini.

Ingat, jangan sesekali menggambar tokoh kartun atau anime.

Dan juga nanti kalian akan diminta untuk menuliskan mulai dari nama, umur, pekerjaan dan juga aktifitasnya.

Sedikit bocoran, setiap saya menghadapi tes ini saya selalu menggambar seorang Kyai atau Santri yang sedang berdiri memegang Al-Qur'an lengkap dengan baju koko, sarung dan peci.

Dan saya belum pernah gagal.

Nah, itu dia pembahasan saya kalia ini tentang psikotes menggambar orang, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Arti Dan Cara Mengerjakan Psikotes Menggambar Orang Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2