Tugas Kerja Dan Wewenang Operator Produksi Di Pabrik

Operator produksi tugasnya adalah? Pertanyaan yang sangat lazim ditanyakan oleh mereka yang baru saja terjun ke dunia kerja khususnya di pabrik.

Secara gampangnya wewenang operator produksi tentu berurusan dengan produksi atau pembuatan produk, bisa mengoperasikan mesin atau yang lainnya.

Salah satu contoh misalnya operator packing, tugas operator packing ya mem-pack atau mengemas barang.

Jadi secara harfiah operator packing artinya seseorang yang bertugas mengemas barang, bisa menggunakan mesin atau manual yang jelas tugasnya untuk membungkus barang.

Begitu juga dengan operator produksi Astra misalnya, bisa jadi tugasnya membuat sepeda motor, mobil atau yang lainnya yang merupakan produk dari Astra.

Perbedaan staf produksi dan operator produksi tentu sangat kentara, staff tidak bekerja langsung di lantai produksi pabrik sedangkan operator produksi bertugas dilantai produksi.

Jika kalian mungkin penasaran dengan gaji operator produksi, kalian bisa membaca tulisan saya tentang gaji operator produksi pabrik di Cikarang dan Karawang.

Tugas Kerja Operator Produksi Pabrik


tugas kerja seorang operator produksi di pabrik

Kebanyakan mereka yang baru lulus sekolah sekarang ini saya yakin lebih memilih untuk bekerja dibandingkan melanjutkan pendidikan, dengan berbagai alasan dan yang paling banyak pasti masalah biaya.

Sama seperti saya dulu, ada keinginan untuk melanjutkan pendidikan namun finansial keluarga tidak mendukung jadi yang lebih baik bekerja.

Dulu masih awam memang belum tau apa pekerjaan yang cocok, tapi karena kebanyakan pemuda di daerah saya merantau untuk bekerja di pabrik jadi ya saya mencobanya.

Masih ingat betul saya mengikuti tes seleksi pertama kali untuk Pt Astra Honda Motor, waktu itu melalui BKK sekolah saya sendiri.

Berbagai tahap sudah saya lalui tapi akhirnya harus menerima kegagalan di tahap Medical Check Up. Namun tak apa, lowongan pekerjaan masih banyak.

Sewaktu saya awal mencari pekerjaan dulu, jelas masih belum tau sedikitpun mengenai apa sih tugas operator produksi, apa yang dikerjakan.

Pandangan saya dulu yang namanya operator produksi tugasnya ya memasang baut, mengencangkan baut dan lain sebagainya.

Jadi tugasnya merakit produk yang dibuat oleh perusahaan, namun ternyata tugas operator produksi ada banyak dan tidak terpaku pada merakit produk saja.

Nah, bagi kalian yang mungkin baru lulus sekolah lalu ingin mencari pekerjaan di pabrik sebagai operator produksi tulisan ini sangat cocok.

Tugas operator produksi tergantung bagian

Yang jelas tugas utama operator produksi tergantung di bagian mana ditempatkan, dalam sebuah pabrik ada banyak sekali bagian/departemen.

Saya contohkan di perusahaan terakhir tempat saya bekerja yaitu Pt TACI, perusahaan ini memproduksi Compressor untuk AC mobil.

Compressor AC mobil memiliki banyak sekali bagian atau part, nah setiap part dibuat oleh bagian tertentu.

Misalnya bagian Rotor, operator produksi yang ada dibagian Rotor tugasnya ya mengoperasikan mesin dalam proses pembuatan mesin.

Di bagian tersebut nanti diperkecil lagi menjadi Line Produksi, di Line Produksi nanti ada yang namanya pos produksi.

Pos produksi inilah yang ditempati oleh operator produksi, setiap pos memiliki tugasnya masing-masing sesuai SOP pekerjaannya.

Misalnya Pos 1 mesinnya adalah mesin CNC, jadi si operator produksi tugasnya mengoperasikan mesin CNC tadi.

Jadi misalnya di bagian Welding atau pengelasan nanti tugasnya ya mengoperasikan mesin Las.

Atau di Assembling, tugasnya merakit semua part menjadi produk jadi.

Seperti itu, tugasnya bergantung pada bagian mana ditempatkan.

Mengisi laporan

Walaupun tugasnya hanya mengoperasikan mesin produksi saja, namun tetap nanti kalian akan diminta untuk mengisi laporan.

Namun tidak semua memang, ada yang tugasnya hanya mengoperasikan mesin saja dan ada juga yang mengoperasikan mesin sekaligus mengisi laporan.

Laporan biasanya disebut Check Sheet, ada beberapa jenis. Ada yang diisi saat sebelum mulai kegiatan produksi dan ada yang diisi setelah kegiatan produksi.

Biasanya Check Sheet yang diisi seblum kegiatan produksi berisi poin pengecekan mesin, untuk memastikan mesin siap dan layak untuk produksi.

Sedangkan yang diisi setelah kegiatan produksi biasanya berisi data produksi hari tersebut, misalnya targetnya berapa, modelnya apa saja, dan lain sebagainya.

Selain tugas utama tersebut operator produksi juga memiliki tugas 5M yang sebenarnya lebih gampang disebut bersih-bersih, dilakukan setelah kegiatan produksi selesai.

Nah, jadi begitulah tugas seorang operator produksi di pabrik. Sebelum kalian bekerja setidaknya sudah ada gambaran apa yang nanti akan kalian kerjakan.

Belum ada Komentar untuk "Tugas Kerja Dan Wewenang Operator Produksi Di Pabrik"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2